3 Juli 2012

Bedah Buku: Dua Obat Terapi Otak


Pikiran itu seperti parasut—hanya berguna bila dibuka.

Ya, ada dua buah buku yang saya rekomendasikan untuk dipinjam dibaca. Keduanya membahas tentang harta yang paling berharga amanah Ilahi: Otak.

Terapi Berpikir Positif dan The Master Key System, judul bukunya. Buku yang terakhir saya dapatkan saat mengikuti seminar motivasi dari Andrie 'luar biasa' Wongso. Kedua buku ini menginspirasi dengan jernih tentang potensi luar biasa dari pikiran—semacam obat terapi otak kita.

Konon, bila dijual, otak orang Indonesia termasuk mahal harganya bila dibanding orang Jepang atau negara maju lainnya. Alasannya: kondisi otaknya masih bagus. Jarang dipakai.

Anda akan terkejut, semoga, karena sesungguhnya kita telah banyak melalaikan aset kita. Di TV; penuh berita korupsi, anarki, iri dengki. Otak kita merekamnya. Di jalanan; tak ada kata disiplin, penuh gerundelan umpat. Kian mengendap di benak. Di pergaulan; tak lengkap tanpa pesimisme, bumbu bohong dan nyaris fitnah. Dan otak kita memberi anggukan pada itu semua. Alam bawah sadar kita perlahan mengamininya. Dan lama kelamaan kita menganggapnya biasa dan turut menjadi ‘jamaah’ di dalamnya. Apakah tulisan saya juga berandil demikian? Tidaaak!

Berhentilah sejenak...

Asiknya, melalui buku ini kita kembali disadarkan bahwa ‘afala tatafakkarun’, ‘afala ta’qilun’, dan beragam warning Sang Maha Kuasa yang acap kita lalaikan dapat kembali disegarkan. Dapat kembali dimanfaatkan. Dapat kembali bersih laksana kaset kosong. Bacalah!

Maka berpikirlah... Pikiran yang positif. Ayo cobalah, mulailah dengan berani.

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda.