17 September 2010

Ide Bisnis Kreatif untuk Pemalas

bisnis start up kreatif

ATM, awalnya menjadi mantra bagi pebisnis, junior maupun senior, untuk membuka usaha. Yup, Amati, Tiru, Modifikasi. Entah siapa yang mempopulerkannya. Banyak yang terinspirasi dan take action karenanya.

Sejujurnya, ide bisnis itu bisa datang dari mana saja. Bahkan, anda tidak perlu kemana-mana untuk mencarinya. Ide itu dekat. Dengan ongkang-ongkang kaki, anda justru lebih cepat menemukannya. Kok bisa? 100 buat anda yang telah menangkap poinnya. Ini dia, berbisnis kemalasan. Kemalasan seseorang menjadi kemulusan rezeki bagi yang lain, dan jelas untuk kita tentunya.

Coba anda lihat sekeliling, begitu banyak bisnis yang memanjakan para pemalas. Kemalasan membawa berkah. Ini dia beberapa ide bisnisnya:

- Cuci motor/mobil
Bisnis ini yang sekarang menyapa benak saya. Dulu cari keringat dengan cuci kendaraan sendiri. sekarang kok malas ya? hmmm, tinggal antar ke salonnya. Beres. eh, baru saja keluar dari tempat cuci motor, mendadak hujan. Terpaksa ngatur jadwal berikutnya. hahaha. Bisnis laris manis. Pilihan bisnis ini cocok bila dipadukan dengan kafe, hotspot, dan ide-ide kemalasan lainnya.

- Pesan Antar (Delivery order)
Macet. Malam. Ditambah bumbu lapar. Ramuan yang lengkap untuk angkat gagang telpon: pesan makanan. Anda pesan, mereka antar.

Kini, hampir semua franchise/rumah makan sudah membuka diri terhadap bisnis ini. Ada yang membuka lini sendiri, ada yang outsource. Kita bisa mengambil celah ini. Turunannya kita juga bisa membuka usaha ekspedisi, mengantar tagihan misalnya. Kerjasama dengan operator seluler atau perbankan. Ada teman yang sukses dalam bisnis ini yang karirnya berawal dari kurir. Kini, ia sudah memiliki ekspedisi sendiri.

ide bisnis ojek
Sekarang malah berkembang kurir ASI. Layanan antar jemput ASI bagi wanita karir yang tetap ingin memberikan asupan terbaik bagi buah hatinya. Sungguh ide turunan yang kreatif. 

Selain itu, kini pesan antar tidak hanya berupa barang, tapi ojek juga bisa dipesan dan mengantar anda, bukan barang! Anda bisa memodifikasinya dengan layanan go-ban misalnya, tambal ban yang dapat dikontak by phone. Setahu saya belum ada lho.

<<< ide kreatif: ojek syari'ah. membidik ceruk pasar khas Indonesia. Out of the box. :)

- Restoran/Rumah makan
Inilah bisnis kemalasan yang paling fenomenal: Bisnis kuliner. Tidak ada matinya. Setelah pulang belanja dari pasar, apa susahnya mencampur bawang putih, merah, kunyit, atau bumbu jadi yang praktis. Tanak lalu santap. Hmm, namun boro-boro memasak, belanja aja malas. Tetap saja rumah makan menjadi pelabuhan yang paling sering dikunjungi.

Untuk ide bisnis kuliner, karena telah mendarah daging dan menjamur, cobalah cari makanan yang paling enak namun kita paling malas membuatnya. Segera bukalah lapaknya. Dijamin laris. Insya Allah.

- Penyalur pembantu, laundry, penitipan anak, wedding organizer, dll
Sengaja saya kelompokkan karena genrenya hampir sama---membidik kemalasan keluarga rajin! Ya, saking rajinnya cari duit jadi malas mengurus pernikahan, malas ganti popok anak, malas mencuci baju, malas beres-beres rumah.

- Bisnis Antar Jemput
Malas mengantar jemput anak sekolah, bisnis ini jawabannya. Turunannnya: sewa mobil. Setelah beres antar jemput, mobil bisa diberdayakan untuk taksi lokal.

- Bisnis online (digitalpreneur)
Malas kena macet. Malas bila selalu pake seragam ke kantor. Malas keluar rumah. Malas untuk rajin. Ini jawabannya!

Jreeeeng, bisnis mutakhir: bisnis online. Anda tentu tau Microsoft, Amazon atau Facebook bukan? 3 dari 5  orang terkaya di dunia tersebut, core business-nya di bidang teknologi.

Jadi, bila bisnis anda belum online, maka bahaya, anda ketinggalan kereta. Online-kan bisnis offline anda.

Anda bisa membuat satu situs untuk mengcover semua kemalasan tersebut. Iseng-iseng mencari bukti, coba anda cari di google, banyak berserakan situs-situs serupa. ATM saja. Bila anda malas membuat situsnya. Tinggal pesan skripnya, atau pake blog saja. Dolar atau rupiahpun mengalir.

Ini bisnis masa depan. Bisnis dengan seribu peluang mata uang. Paling banyak turunan dan kejutannya. Affiliasi, adsense, review produk, dropship, dll. Masih seabrek-abrek lagi peluangnya.

Saat ini, seiring berkembang pesatnya start up digital, maka ide bisnis kreatif makin mekar berkembang. Salah satu perusahaan rintisan yang berbasis digital, Gojek, tak pelak menjadi pemicu tumbuh suburnya perusahaan start up di Indonesia. Kini start up berlomba menjadi unicorn berikutnya, setelah Gojek, Tokopedia dan Traveloka

Tentu anda dapat menggali lebih banyak dan lebih dahsyat lagi ide bisnis kreatif lainnnya. Kuncinya: membisniskan kemalasan!

Nah, setelah berhasil bisnis berbasis kemalasan. Jangan lupa untuk tetap malas. Malas mengerjakan bisnis ini sendirian: rekrut karyawan! Malas melihat bisnis yang tidak besar-besar: ekspansi! Malas melihat saudara pengangguran yang masih malas-malasan: invest, kasih modal!

Bismillah, get miracle!

Peringatan keras: 
- Tulisan ini (tidak) layak dibaca bagi yang masih menunggu koran Sabtu-Minggu.
- Tulisan ini sebagai tanggung jawab moril saya karena telah berani keluar dari zona nyaman menuju zona lebih nyaman: wirausaha :)
- Tulisan berwarna biru versi updatenya.
- Februari 2016, hampir sebagian besar ide di tulisan ini telah terwujud. Tapi saya akan tetap berbagi ide bisnis spektakuler lainnya. Stay tuned.
- Bila bermanfaat, silakan SHARE tulisan ini...

15 Please Share a Your Opinion.:

  1. Anonim11:16 PM

    wah ternyata bukan hanya saya yang berpikir seperti itu, krna moto saya biar malas asal cerdas . . . :D

    BalasHapus
  2. Anonim11:41 AM

    Hidup malas

    BalasHapus
  3. Anonim10:11 PM

    mari kita ber malas - malas...

    BalasHapus
  4. iya makin lama makin malas nih hijhihihi....

    BalasHapus
  5. makin malan makin kayaaa,,,

    BalasHapus
  6. iihh artikelnya asik banget, siapa bilanh orang malas gak bisa kaya...

    BalasHapus
  7. Keren-keren gan ide bisnis kreatif bagi pemalas. Jadi ane dapet ilmu lagi ini. Moga ilmu ini nanti bisa ane bagi di blog ane.
    Thanks Sukses selalu

    BalasHapus
  8. Mantep banget gan artikelnya

    BalasHapus
  9. hahaha ternyata orang pemalas ada manfaatnya juga ya?

    BalasHapus
  10. Artikel yang sangat bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus
  11. Oke sob, menurut saya, sebenarnya pengusaha itu bukan malas untuk kerja atau 'action' tapi malas jika harus melakukan sesuatu yang bukan minat-nya. tapi jika merupakan minatnya bisa-bisa tidak tidur sehari-semalam. betul tidak ?, thx slm kenal ... :)

    BalasHapus
  12. yupz sangad setudju............

    BalasHapus
  13. Hahahahaha ia kata siapa orang malas ga bisa kaya???
    tapi di hitung dulu jumlah orang malas yang jadi kaya berapa. gimana kalau perbandingannya 10000 malas miskin:1 orang malas kaya?
    mending tetap berusaha semampu diri kita. trimaksih sob artikelnya sangat membantu semoga tambah sukses :-)

    BalasHapus
  14. Izin share diblog ane ya gan, karna ilmu gaboleh dipendam. hehe, Barokalloh gan^ ^

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.