8 September 2014

Lapak Jual Beli Online: OLX atau Tokopedia?

Jualan online tanpa toko online? Bisa. Jualan online tanpa punya barang yang dijual? Bisa juga. Jualan online tanpa akses internet? Mana bisa! Tentu pertanyaan terakhir sekedar gurauan. Di tahun 2014 ini, setidaknya 80 juta penduduk Indonesia terjamah jaringan internet. Sungguh suatu jumlah yang mendebarkan dan mengharukan bagi penjual online.

Melanjutkan tulisan sebelumnya, saya mungkin tidak akan berlama-lama menguraikan tentang jual beli online secara deskriptif. Saya lebih ingin sharing bahwa ada dua marketplace online yang cocok dimanfaatkan bila anda tidak mau sibuk membuat toko online apalagi menyewa lapak offline! Salah duanya: OLX.co.id, sebelumnya Tokobagus.com, dan Tokopedia.com.

toko online komputer pontianak

Sejak membuka toko komputer tahun 2012 dan aktif memanfaatkan channel online. Selain lewat Facebook, Tokobagus.com, kini OLX.co.id, menjadi tempat jualan favorit saya. Di OLX, hampir dapat dipastikan produk yang saya tawarkan laku terjual, minimal disenggol calon pembeli. Lebih dari 90 % display barang saya terjual di OLX dalam waktu relatif singkat, tak kurang dari 3 hari. COD-nya meningkat di akhir pekan. Ya, COD (baca: ketemu langsung bayar) menjadi kunci di OLX. Tanpa berlebihan, saya bahkan merasa menjual laptop lebih mudah daripada mencari laptop bekas yang mau dijual. Makanya, kalo anda atau kenalan anda ingin menjual laptop, jangan lupa kontak saya di 0858 4958 7408. :)

Hampir dapat dipastikan pengunjung yg melihat lapak kita memang berniat membeli. Klien tertarget menjadi keunggulan OLX.co.id.

Kelebihan berjualan di OLX justru menjadi kelemahan bagi pembeli. Jika tidak waspada, pembeli dapat tertipu oleh banyaknya lapak jualan abal-abal yang bergentayangan. Ciri utamanya ialah harga yang tidak masuk akal murahnya dan ada prasyarat transfer dulu (tanpa COD).

Kalau Tokopedia, nah ini tempat yang menarik buat cari barang dagangan. Fiturnya yang user-friendly memudahkan kita untuk menyortir produk berdasarkan harga, tingkat penjualan, rating, dll. Rekening bersama yang dikelola langsung Tokopedia.com, juga menjadi keunggulannya. Hanya satu saja yang menjadi catatan, ongkos kirim yang masih menjadi ganjalan. Pengalaman saya, kadang ada perbedaan berat saat barang datang ke toko saya. Atau mungkin hanya saya yang mengalami?

update: selain OLX dan Tokopedia, di link ini, ada ulasan beberapa situs jual beli online lain yang bisa menjadi lapak anda.

Jika berniat naik kelas, anda bisa membeli barang impor yang ada di tokopedia dan bukalapak.com langsung ke Alibaba dan Aliexpress. Tampilannya so pasti familiar bagi anda yang terbiasa berbisnis online, khususnya dropshipper.

Saya yakin jika bertekun menekuni jual beli online ini, dropship sekalipun, 5 juta hingga berpuluh juta sekian sebulan insya Allah masuk kantong. Bersih, berkah, dan semoga berlimpah!

Salam antusiass!

2 Please Share a Your Opinion.:

  1. Wah wajib dicoba nih, moga tokopedia bisa memberi bukti bukan janji, makasih mas tipsnya.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.