4 Maret 2014

Sebelum Laptop Diservis, Perhatikan Dulu Hal Ini

 jual beli laptop, toko komputer, PASS pontianak

Pernahkah anda merasa resah, gelisah bahkan susah karena laptop mati mendadak. Kerjaan sudah diburu deadline. Perbaikan skripsi ditunggu dosen. Dolar sudah siap cair. Tapi...

Tenang bos, sebelum anda melangkahkan kaki ke toko guna menyervis komputer dengan gundah, ada baiknya anda mencoba dengan hikmat beberapa tips proven berikut:

Loading lambat dan Laptop kena virus
Lambatnya laptop bisa diakibatkan banyaknya program yang terinstal, tak jarang malah program itu tak kita pakai. Sesaat butuh, selanjutnya tidak. Solusi: Uninstall saja program yang jarang digunakan atau tak sengaja terdownload. Bisa lewat control panel > uninstall a program; bisa juga dengan program Ccleaner.

Selain itu, leletnya laptop juga bisa karena mengidap virus. Kasus ini banyak terjadi akibat download sesukanya atau karena flashdisk yang dicolok semaunya. Bila belum terlambat, sebaiknya matikan fitur autorun, agar flashdisk tidak langsung kebaca saat dicolok. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Bila virus sudah terlanjur menginap di laptop, tak ada cara lain, usirlah segera. Syarat: sabar mengusirnya dan ikhlas bila virus sudah stadium akut. Lain virus, lain pendekatannya. Tapi tenang, tool antivirusnya/removernya banyak tersebar di dunia maya. Download ja. Langsung bawa laptop ke PASS cyber, 3000 rupiah uda bisa download sepuasnya, seharian. Kalau masih tidak bisa, instal ulang menjadi langkah pamungkas.

Komputer hidup tapi layarnya gelap
Solusi yang sering manjur: gosok pin RAM yang berwarna kuning dengan penghapus. Meski jadul, inilah rahasia teknisi yang paling banyak dishare di dunia maya.

Ingat: sebelum beraksi, matikan dulu komputer. Pernah kejadian, gara-gara caranya semudah ini, ada seorang teman hanya diimbali thanks you oleh konsumen.:)

Bila masih belum ok, cek kabel ke VGA. Biasanya karena terbiasa make onboard, maka terjadilah kejadian konyol salah colok kabel seperti ini.

Harddisk Crash/Hang dan sebagainya
Bila masih belum kena ke fisiknya. Silakan pakai software sakti para teknisi laptop: Hirens Boot. Software recovery all in one nih. Rata-rata solusi buat masalah harddisk ada di sana. Cuman bila download, anda harus cukup sabar. Filenya seukuran rumah mewah. Try it!

Nah, bila laptop anda ada kerusakan lainnya, silakan tanya atau komen di bawah. Insya Allah, jika bisa, sy jawab. Jika tidak, tolong yang bisa bantu jawab. :)

Awal Maret 2017 ini, saya juga berusaha mengumpulkan software dan trik seputar IT di laman ini. Bila berkenan, silakan like Facebook-nya.

Bila sakit berlanjut, hubungi dr. Pass computer, Pontianak. Luar kota bisa kirim via Tiki JNE atau taxi.

6 Please Share a Your Opinion.:

  1. Kalo kompi sering mati sendiri, kira2 kenapa ya bro?

    BalasHapus
  2. Pak klo laptop kasusnya begini:
    Tombol power dipencet lampu indikator, tapi tidak bisa masuk Bios dan proses booting. kadang nunggu lama baru masuk bios, langsung booting. klo sdh bisa booting masuk windows terus dipakai seharian normal2 saja.
    Penyebabnya kira2 apa pak? Laptop saya Acer aspire 4535 processor Amd turion X-2.
    Tlg solusinya gmn,
    Tksh.: Nur Afif
    email : avivnurkudus@gmail.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @aviv Tidak bisa masuk BIOS apa tidak tampil POST SCREEN??? Coba anda ganti Battery CMOS nya.
      Jangan lupa Boot Prioritynya diatur, 1st Boot itu Harus Harddisk, 2nd, 3rd dan 4th baru-lah Media yang lain. Usahakan CD-ROM/DVD-ROM selalu kosong, tidak ada Disc di dalamnya (kecuali bila diperlukan). Ganti juga Harddisknya, kemungkinan secara Fisik sudah tidak mumpuni.

      @Firman Kompi sering mati sendiri itu ada banyak faktor
      1. Kelistrikan, pastikan listrik di rumah anda Stabil, tidak naik turun.
      2. Pakailah UPS. Bila komputer mati-mati terus secara mendadak akan merusak Hardwarenya, maka dari itu gunakanlah UPS.
      3. Pastikan Power Supply memiliki Watt yang besar, semakin banyak Hardware & Perfieral pada Komputer anda, maka semakin mengkonsumsi daya juga.
      4. Bersihkan-lah Heatsink Fan dan Oleskan Thermal Paste pada bagian Proccessor, Pastikan Casing memiliki FAN yang memadai. Jika suhu terlalu panas maka akan menyebabkan Over Heat sehingga Komputer anda akan mati.
      5. Masih berhubungan dengan kelistrikan, pastikan Hardware & Periferal yang digunakan tidak ada yang Korslet.

      Hapus
  3. - Firman dan Aviv: Memang kompi mati dan tidak mau masuk bios sering terjadi karena usia pemakaian uda agak lama. Penyebabnya banyak faktor. Kebanyakan masalahnya di ram dan prosesor overheat. Smg belum kena motherbordnya mas. Bila anda mau mncoba sendiri, anda bisa melihat tutorialny yg banyak brtebaran di youtube. Just do it! :)
    - Cisadane: terima kasih uda bantu ngejawab mas.

    BalasHapus
  4. Bro,antivirus yang bagus apaan yaa ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. antivirus yg paling bagus: yg update terus. :)
      Gratisannya: Smadav dan Avast.

      Hapus

Terima kasih atas komentar anda.