6 Oktober 2013

Cara Kreatif Mencari Pekerjaan, Tanpa Tergantung Lowongan Kerja

Melihat selalu sesaknya kolom lowongan kerja di koran, saya tidak percaya bila ada yang mengatakan 'sulit mencari pekerjaan di Indonesia saat ini'. Saya yakin, haqqul yakin, ada 1001 macam pekerjaan yang bisa digarap di bumi nan subur bernama Indonesia ini. Yang di tanah dan air-nya penuh peluang melimpah. Belum lagi di dunia online-nya. Nyaris tanpa batas.

Saya setuju bila ada yang mengatakan: tidak mungkin ada orang mati kelaparan di Indonesia!—karena kemalasan, mungkin saja.

Malas untuk hidup: pilih 'mematikan' diri! Malas untuk berusaha: pilih menyendiri! Malas untuk rajin: pilih menjadi maling! Bahkan tak sedikit yang mengimani adagium ngawur “mencari yang haram aja sulit apalagi yang halal”. Nah yang demikian, telah mati sebelum mati.

cari kerja

Yup, topik kali ini agak menyimpang dari kebiasaan. Bukan tentang entrepreneur, wirausaha atau ide bisnis. Kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara kreatif mencari kerja tanpa tergantung iklan lowongan kerja. Tentu dari sudut pandang pencipta lapangan kerja (baca: pengusaha kecil membesar). Ini berdasarkan pengalaman saya beberapa minggu terakhir yang agak kesulitan mencari beberapa orang yang memiliki passion dan antusiasme. Intinya, tulisan ini based on true story.

Orang yang ingin bergembira harus menyukai kelelahan akibat bekerja. (Plato)

Pasang iklan tentang Anda
Jadilah penjemput kerja, jangan menunggu lowongan kerja. Demikianlah saya ‘diajarkan’ oleh seorang teman. Hampir satu dekade silam, medio 2000-an di Jakarta. Saat saya menjadi pencandu koran Sabtu-Minggu edisi lowongan kerja. Saking rutinnya, tukang koran hafal untuk mengantar koran hanya di Sabtu dan Minggu.

Di tengah kesibukan mengirim lamaran dan memenuhi panggilan interview, seorang teman membuka mata saya bagaimana mendapatkan kerja dengan efektif dan kreatif. Ya, mencari kerja juga perlu kreatifitas. Out of the box.

Alih-alih melihat iklan lowongan kerja dan melamarnya, dia malah memasang iklan tentang dirinya. Seingat saya, ia mengiklankan dirinya sebagai penulis yang sekaligus kartunis dengan pengalaman seabrek. Alhasil, beberapa tawaran menulis biografi diraupnya. Kliennya pengusaha besar yang kurang terekspos di media. Dari sini, tak sedikit rupiah mengaliri kantongnya. Job dari satu klien, bisa untuk hidup 1 tahun.  

Kini, saat dunia menjadi flat dengan internet. Anda dapat mengadopsi ide itu dengan mengiklankan diri anda, bisa lewat blog, grup di Facebook, forum, dll. Atau yang berbayar, fb ads misalnya.

Efektif? Tentu saja. Biasanya klien ataupun owner perusahaan senang dengan optimisme seseorang dalam menjemput rizki. Belum dapat kerja saja sudah optimis, apalagi bila dikasi kerja.

Berani mencoba?

Datang langsung. Jemput Bola
Nah, cara ini agak sedikit menguras tenaga dan bensin. Anda datang langsung ke perusahaan yang anda incar. Temui direksinya. Jangan tanggung-tanggung.

Hal inilah yang dilakukan maestro properti kita, Ciputra, kala mendapatkan proyek pertamanya. Kalau saya tak salah ingat, Ciputra datang langsung menghadap DKI 1 dan mengenalkan dirinya sebagai lulusan ITB yang baru lulus. Ia menantang pak Gubernur untuk mempercayakan satu pekerjaan kepadanya. Alhasil, kita mengenalnya sebagai Midas, yang membuat beberapa kawasan ‘sampah’ menjadi emas. Sebut saja Ancol, Pondok Indah, dll.

cara kreatif cari kerja
Ciputra bersama sang istri, saat awal merintis imperium bisnis, 1972. (foto: kompas.com)
Cara ini sangat efektif bila anda memiliki networking yang luas. Tapi bila anda yakin dan percaya diri, tanpa kenalan orang dalampun cara ini cukup ampuh. Terbukti!

Baca juga: Bisnis Modal Kecil bagi Siapa Saja

Eksis, sekaligus NARSIS di Youtube
Tips ini khusus untuk anda yang ingin menjadi artis. Untuk top dalam ‘5 menit’ itu mudah. Buatlah hal aneh dan unik lalu unggah ke Youtube, niscaya respon akan bermunculan. Bila beruntung, anda akan mengikuti jejak Norman Kamaru, Sinta Jojo, Udin sedunia, de el el.

Tapi ingat, ngetop lima menit, tenggelamnya pun secepat kilat.



Bila ingin ngetop dalam ‘5 tahun’ itu agak tidak mudah. Anda harus punya skil. Terserah. Apakah itu nyanyi, joget, nari, ngelawak, orasi, guling-guling. Nah, kalo ini, bila anda sungguh-sungguh (man jadda) maka wajada-nya bisa seperti para artis Youtube: Justin Bieber, PSY, Raisa (lihat video di atas). Siapa sangka Raisa yang dulunya adalah seorang Youtuber imut, kini bak gula diincar semut?

Cara kreatif mencari kerja yang lebih kekinian adalah open mic. Daripada repot-repot mencari panggung. Cukup undang beberapa teman untuk menyaksikan stand up comedy anda. Cari teman yang mudah ketawa. Rekam. Buat channel Vlog-nya di Youtube. Bila meledak viral, tawaran manggung, iklan bahkan film tak mustahil mendatangi anda.

Setelah itu, komitmen dan konsistenlah bila ingin bertahan lama. Ingat, keringat anda pasti terbayar lunas! Hasil tidak mungkin mengkhianati usaha anda.

Mungkin cukup sekian dulu sharing sederhana ini. Semoga dahaga melega. Silakan SHARE dan tebar tulisan ini bila anda rasa bermanfaat.

note: ada beberapa bagian yang selalu saya update. Maret 2017.

15 Please Share a Your Opinion.:

  1. Sangat inspiratif. Tips di atas layak dicoba: mengiklankan diri sendiri dan langsung mendatangi perusahaan yang diincar

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap. based on true story gan. :)

      Hapus
  2. Tipsnya cukup keren dan bermanfaat bagi yang sedang mencari pekerjaan. Salam kenal :)

    BalasHapus
  3. Felix A Blogwalking lagi nih gan, Ide yang iklan boleh juga dipraktekan nih, siapa tau ada yang minat sama ane

    BalasHapus
  4. sangat inspiratif dan kreatif, tidak menunggu tapi jadi penjemput bola dalam mencari pekerjaan biasanya perusahaan akan tertarik dengan seseorang yang memiliki passion dan antusias kemungkinan besar akan dibekerjakan, keren nih tipsnya. salam kenal

    BalasHapus
  5. Artikelnya sangat bermanfaat, khususnya untuk saya,,, mungkin bisa berguna untuk para pengunjung blog ini: Tips Mencari Pekerjaan Saat Masih Bekerja

    BalasHapus
  6. cara kreatif juga bisa dengan menarik mba, usaha ga perlu harus ada daftar riwayat hidup yang menarik

    BalasHapus
  7. Coba cari di sini gan :)
    Info Lowongan Kerja Terbaru : http://www.istanaloker.com/

    BalasHapus
  8. Terimakasih tips nya admin, sangat membantu sekali dalam urusan mencari kerja...
    Lowongan Kerja Terbaru

    BalasHapus
  9. Anonim8:21 PM

    Terimakasih tips nya admin, sangat membantu sekali dalam urusan mencari kerja...

    Promo Umroh Desember

    Thanks
    by : Wasbir21

    BalasHapus
  10. terima kasih admin, sangat tips diatas sangat membantu sekali bagi yang sudah dapat kerja, dan tidak tergantung lagi akan Lowongan Kerja

    BalasHapus
  11. Mantap broo

    bianputrabenda.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Semoga saya mudah mendapatkan pekerjaan nantinya.. terimakasih atas saran yang sudah anda share di blog anda..

    My Blog

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.